Stok Darah Minim, PMI Pati: Kalau Tak Ada Pendonor Sehari Bisa Habis

Pati, Mitrapost.com – Stok Darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pati mengalami kekurangan. Bahkan Humas Unit Donor Darah PMI Kabupaten Pati, Syafaati mengatakan, bila tidak ada pendonor, stok darah bisa habis dalam kurun waktu sehari.

“Kalau tidak berperan aktif hanya sehari mungkin sudah habis,” ujar Syafaati saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Rabu (14/4/2021) kemarin.

Hingga Rabu kemarin, katanya, stok darah golongan A tersedia hanya 8 kantong darah, golongan darah B hanya 15, golongan darah O ada 20 dan golongan darah AB hanya tersedia 8 kantong.

Baca juga: PMI Pati Belum Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Masjid selama Bulan Ramadan

Hal ini terjadi lantaran belum ada peningkatan donor darah di masa pendemi Covid-19 dan di bulan Ramadan ini. Bahkan cenderung mengalami penurunan pendonor darah. Apalagi adanya vaksinasi Covid-19.

Baca Juga :   Pemakaman Covid-19 Turun Drastis Setelah PPKM Darurat hingga Level 3

“Penurunan stabil, ndak ada peningkatan yang signifikan,” tutur Syafaati.

Vaksinasi ini juga membuat jumlah pendonor mengalami penutunan. Ini terjadi karena orang yang telah divaksinasi pertama dan menuju suntikan kedua belum diperbolehkan untuk mendonor darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati