Kamar Selir di Museum Kartini Masih Dipertimbangkan Jadi Destinasi Wisata

Rembang, Mitrapost.com Museum R.A. Kartini menjadi salah satu tempat bersejarah kebanggaan publik Rembang yang merekam jejak hidup pejuang emansipasi wanita, R.A. Kartini.

Museum ini menyimpan peninggalan sejarah berupa foto dan lukisan, salinan surat-surat, hasil batik, ruang kerja, hingga alat-alat atau benda yang pernah digunakan oleh R.A. Kartini semasa hidupnya.

Namun, di antara sekian peninggalan ikonik yang terdapat di museum R.A. Kartini ada satu bagian bersejarah yang tidak terlalu terekspos. Yaitu Kamar Selir yang terletak di bagian belakang bangunan museum. Terlebih bagian kamar selir tersebut selama ini selalu dalam keadaan tertutup.

Bupati Rembang Abdul Hafidz menuturkan, alasan Kamar Selir tersebut masih belum dibuka karena menurutnya kamar tersebut hanya bangunan bersejarah biasa. Berbeda dengan peninggalan R.A. Kartini lain yang memiliki nilai historis tinggi.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Bakal Lakukan Penyederhanaan Birokrasi

“Penyebabnya (tidak dibuka) karena hanya merupakan bangunan begitu saja, tidak ada nilai sejarahnya,” ungkapnya selepas upacara Peringatan Hari Kartini ke-142 di Pendopo Kabupaten Rembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati