oleh

PLN Kembali Hidupkan 97 Persen Listrik di NTT

Mitrapost.com– PLN kembali menghidupkan 97 persen listrik yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini (21/4/2021).

Sebelumnya, pada 5/4/2021, NTT telah dilanda badai Sikon Tropis Seroja. Dimana pada saat badai terjadi, terdapat 4002 gardu distribusi yang terkena hantaman badai. Hal ini mengakibatkan pemadaman listrik di wilayah NTT.

BPKAD Pati

Kemudian, PLN kembali menghidupkan setelah 13 hari berlalu, dengan memulihkan sebanyak 3.857 gardu distribusi, yang sudah mencakup 97 persen listrik di NTT.

Baca Juga: PLN Turunkan Tarif Listrik bagi 7 Golongan Pelanggan Nonsubsidi Mulai Hari Ini

Sedangkan 3 persen lainnya belum berhasil dihidupkan, hal itu dikarenakan gardu berada di titik tersulit.

“Masih ada beberapa gardu di titik tersulit dan di medan sangat besar yang harus dipulihkan. Masih ada 3 persen pelanggan gelap gulita yang harus kami pulihkan,” ujar Zulkifli

Dalam upaya pemulihan listrik tersebut, sebanyak 1316 personel PLN dikerahkan ke NTT. Dimana personil, berasal dari Nusa Tengga Barat (NTB), Maluku, Sulawesi, Papua, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Baca Juga: PLN Demak Tegaskan Tak Ada Kenaikan Tarif Listrik

Serta dibantu dengan 227 relawan dan juga anggota TNI serta Polri. Selain itu, warga sekitar juga membantu membersihkan jalan untuk mempermudah akses PLN.

Dengan kerjasama dari berbagai pihak, menjadikan proses pemulihan menjadi lebih cepat.

“kerja keras dari pagi ketemu pagi lagi di tengah puasa, kami dapat sampaikan progres pemulihan jauh lebih cepat. Kini 19 tower PLN yang roboh sudah tergantikan tepat pada 18 April lalu dengan tower emergency,” ujar Zulkifli

Baca Juga: Bupati Blora Minta SDM Terbaik untuk Operasional MPP

Ia juga memberikan apresiasi untuk berbagai pihak yang sudah terlibat dalam pemulihan listrik yang ada di NTT.

“Terimakasih atas dukungan seluruh pihak yang mendukung kami dalam percepatan pemulihan listrik di seluruh NTT,” tambahnya

PLN juga akan membangun 2 jalur eksisting 70 kV dan juga jalur kedua bertegangan 150 kV, untuk perkuat sistem kelistrikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dirut PLN: 97 Persen Listrik di NTT Pulih Usai Diterjang Badai Siklon Tropis Seroja”

Baca Juga:

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait