oleh

Gugur Bunga Awak KRI Nanggala dan Penghargaan Bintang Jalasena

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com Duka Indonesia kehilangan 53 pelautnya dari insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. Awak kapal yang gugur di perairan utara Bali itu mendapatkan penghargaan tertinggi yang telah menjaga kedaulatan negara.

Ungkapan duka disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam jumpa pers yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021) kemarin.

BPKAD Pati

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan dukacita mendalam atas gugurnya 53 prajurit TNI angkatan laut di KRI Nanggala-402 dalam melaksanakan tugas di perairan utara Pulau Bali,” kata Presiden.

Baca juga: Ayah Kru Kapal Selam KRI Nanggala-402, Minta Sang Anak Dikebumikan di Rembang

Pengabdian para prajurit akan terus terpatri dalam ingatan seluruh anak bangsa sebagai patriot terbaik bangsa.

Baca Juga :   Aktivitas Merapi Hari Ini Tercatat 21 Kali Gempa Guguran

“Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa, patriot terbaik, penjaga kedaulatan negara. Pengabdian saudara-saudara akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia.”

Selain doa yang dipanjatkan kepada para prajurit TNI yang gugur, Jokowi juga menyampaikan bahwa para pahlawan itu akan diberi kenaikan pangkat. Awak kapal selam yang gugur itu juga diberi tanda kehormatan Bintang Jalasena.

“Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, serta Bintang Jasa Jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut,” kata Jokowi.

Sedangkan kepada keluarga para prajurit, negara juga akan menjamin pendidikan anak-anak dari prajurit yang gugur. Jaminan pendidikan tersebut diberikan hingga tingkat S1.

“Pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari keluarga prajurit KRI Nanggala-402 hingga jenjang pendidikan S1,” ujarnya. (*)

Baca Juga :   Penghormatan Terakhir Kepada 53 Prajurit Hiu Kencana, TNI AL Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Baca juga: Breakingnews : KRI Nanggala Ditemukan, 53 Awak Kapal Gugur; Berikut Pernyataan Lengkap Panglima TNI

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul “Bintang Jalasena untuk Awak KRI Nanggala Patriot Penjaga Negara”.

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait