Ubi Kayu Gunungwungkal Jadi Penyuplai Bahan Baku Tapioka di Kabupaten Pati

Pati, Mitrapost.com– Tanaman ubi kayu merupakan salah satu komoditas pertanian besar di kecamatan Gunungwungkal.

Meski luas lahan tidak sebesar padi, akan tetapi ubi kayu di Kecamatan Gunungwungkal telah dipercaya sebagai penyuplai bahan baku tepung tapioka di Kabupaten Pati.

Menurut koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gunungwungkal, Med Nurhindarno, lahan di Gunungwungkal sangat cocok untuk ditanami tanaman ubi kayu.

Oleh karena itu, sebagian besar lahan dimanfaatkan dengan ditanami ubi kayu. Mengingat, daerah tersebut menjadi penyedia bahan baku tepung tapioka.

Baca Juga: Tim Tanggap Insiden Siber Pati Dinilai BSSN

“Hasil panen ubi kayu yang berasal dari Gunungwungkal, nantinya dikirim ke pabrik pengolahan tepung tapioka di Margoyoso”, ungkapnya.

Baca Juga :   Damkar Pati Adakan Pelatihan dan Simulasi Pemadaman Kebakaran di Pelabuhan Juwana

Ia pun menyebutkan bahwa perawatan tanaman ubi kayu tidaklah sulit. Ditambah lagi, tanaman ubi kayu jarang terserang oleh Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

“Kami memiliki kontur tanah yang beragam ketinggiannya. Ada yang di dataran rendah, ada yang di dataran menengah, dan ada yang di lereng gunung. Lahan-lahan tersebut mudah sekali untuk ditanami ubi kayu. Karena tanaman ini bisa ditanam dimana saja dan kapan saja”, ungkapnya kepada Mitrapost.com, Kamis (29/4/2021).