Makanan yang Seharusnya Dihindari Saat Menstruasi

Mitrapost.com Nyeri haid kadang tak bisa terhindarkan. Bahkan rasa nyeri karena menstruasi ini membuat wanita tidak nyaman dalam menajalankan aktivitasnya sehari-hari, terlebih pada hari pertama dan kedua.

Nyeri haid ini disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Nah, untuk mengurangi rasa nyeri atau kram perut menjelang atau saat sedang haid dapat dilakukan dengan menghindari jenis makanan yang dapat memicu rasa nyeri semakin menjadi-jadi.

Kafein

Dalam buku Prescription for Natural Cures, James F. Balch dan Mark Stengles menyebutkan makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan the bisa memperparah gejala-gejala yang biasa muncul saat menstruasi.

Baca Juga :   5 Makanan Dipercaya Mampu Lancarkan Siklus Menstruasi

Jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang bisa memperparah kram dan kembung saat menstruasi.

Baca  juga: Sejumlah Pantangan saat Haid, Minum Alkohol hingga Kafein

Garam

Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi dapat meningkatkan gejala kembung dan berkumpulnya cairan pada pembuluh darah.

Lemak

Jumlah prostaglandin yang meningkat saat mengonsumsi makanan berlemak dapat membuat dinding Rahim berkontraksi dan memicu gejala kram sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.