Jelang Lebaran, Ribuan Anak Buah Kapal Masuk Pati

Pati, Mitrapost.com – Lalu lintas perairan Juwana mulai ramai menjelang lebaran ini, seribuan anak buah kapal (ABK) mulai berdatangan di pelabuhan Juwana. Kejadian ini terjadi mulai pekan lalu.

Kasatpol Airud Polres Pati Iptu Sutamto mengatakan berdasarkan pantauan yang dilakukan mulai pekan lalu kapal itu mengikuti kapal-kapal besar yang mencari ikan di luar Jawa. Di antaranya, Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Kapal-kapal besar itu di antaranya jenis purse sein dan cantrang.

“Padat sekali lalu lintas airnya. Sudah 70 persen kapal-kapal itu berlabuh di pelabuhan Juwana. Kisaran seribu itu,” kata Sutamto.

Baca juga: Video : Jelang Lebaran, Polres Pati Tangkap Pengedar Narkotika

Sutamto mengasumsikan, 10 hingga 20 kapal berlabuh tiap hari. Soal ABK tidak hanya dari Pati saja. Melainkan dari luar kota juga. Di antaranya, Rembang, Pekalongan, dan Demak. ”Kalau ABK kapal purse sein kisaran 30-40 awak. Sedangkan cantrang 10-20 awak,” asumsinya.

Baca Juga :   Pendaftaran Mudik Gratis Kereta Api Dimulai Hari Ini

Kapal purse sein ini biasanya melaut selama enam bulan. Biasanya melaut hingga Papua. Pulang saat menjelang ramadan ini. sedangkan jenis cantrang hanya tiga bulan saja. Itu biasanya melaut di Kalimantan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati