Kurangi Ketergantungan Pupuk Subsidi, BPP Ajak Petani Olah Pupuk Organik

Pati, Mitrapost.com Para petani di Kabupaten Pati belum siap menerima kondisi dikuranginya alokasi pupuk subsidi. Mereka mengaku merasa rugi ketika tanamannya tidak bisa mendapatkan kebutuhan pupuk yang seharusnya diperlukan.

Oleh sebab itu, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pucakwangi mengajak petani berinovasi membuat olahan pupuk organik secara mandiri.

Koordinator BPP Kecamatan Pucakwangi, Wicaksana Adinugraha, mengatakan bahwa petani perlu melakukan kemandirian dalam mengolah sumber daya yang ada di sekitarnya.

Hal tersebut ia arahkan demi memanfaatkan peluang dan menghindari kerugian. Apalagi beberapa petani merasa keberatan dengan biaya yang dikeluarkan untuk menebus pupuk non subsidi.

Baca juga: Transaksi Pupuk Subsidi ZA di Pati Tertinggi Keenam di Jateng

Baca Juga :   99 Persen Petani Jakenan Sudah Terdaftar Kartu Tani

Ia mengimbau supaya petani berkenan memanfaatkan kotoran ternak, urine ternak, dan dedaunan untuk dapat dimanfaatkan sebagai bahan pupuk organik.

“Karena banyak warga memiliki ternak, maka kotoran ternaknya dapat menjadi peluang mereka membuat pupuk organic,” ujarnya, Kamis (6/5/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati