oleh

Menutup Ramadan, Ratusan Lampion Diterbangkan di Bukit Cendana

Rembang, Mitrapost.com – Mendekati akhir Ramadan, para pemuda pengelola wisata Bukit Cendana di Desa Candimulyo, Kecamatan Sedan kompak menerbangkan ratusan lampion. Dalam acara yang  bertajuk, “Alfa Shinning Ramadan, Campcoustic Colaboration” itu, setidaknya sebanyak 500 lampion diterbangkan secara serentak dari atas Bukit Cendana.

Menurut keterangan Mat Ngali selaku pengelola wisata Bukit Cendana, acara ini merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT berupa kesempatan untuk berjumpa dan menjalankan puasa di bulan Ramadan.

BPKAD Pati

Ia menambahkan, sebelum melepas ratusan lampion, terlebih dahulu para pengelola melakukan bakti sosial kepada masyarakat. Kemudian, disambung dengan kegiatan buka bersama dan festival musik alam.

Baca juga: Video : Safari Ramadan dan Festival Anak Shaleh Festival Anak Shaleh

“Ini merupakan satu-satunya pertunjukan musik di atas gunung yang ada di Rembang,” ujarnya Mat Ngali.

“Baksosnya kita prioritaskan kepada 65 KK yang terdampak lingkungan dari kegiatan Wisata Bukit Cendana. Untuk penyerahan baksosnya kemarin kita adakan jam 3 sore sampai bukber, terus untuk acara lampionnya kita adakan di malam Minggu. Biar pas momennya,” jelasnya menambahkan.

Nailul Khakim, ketua panitia kegiatan ini mengatakan, konsep acara ini sebenarnya terinspirasi dari event Dieng Culture Festival. Hanya saja dalam format yang lebih sederhana.

“Acara ini tidak dipungkiri kita ingin seperti di Dieng (Dieng Culture Festival),” ungkapnya.

Baca juga: Tercatat 78 Kasus Kecelakaan di Pati Selama Ramadan

Lebih lanjut, ia mengakui bahwa acara malam ini berjalan dengan lancar. Ia menegaskan, pihak panitia benar-benar bekerja ekstra untuk mengontrol diterapkannya protokol kesehatan agar acara berjalan secara kondusif.

“Namun karena kondisinya lagi pandemi, kita terapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari pengecekan suhu, memakai masker, sampai jaga jarak,” tuturnya.

“Yang berat itu soal jaga jarak, ada beberapa kelompok yang harus kita kondisikan untuk jaga jarak. Kegiatan ini itu untuk menyambut Idulfitri, kalau orang Jawa bilang malem pitulikuran,” sambungnya.

Ilul juga menambahkan, pada bulan Juni 2021 mendatang, dari tim Wisata Bukit Cendana akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk menggelar acara yang hampir sama dengan ini. Namun dalam rangka lomba desa wisata.

Sementara itu, Tesa Anike Putri, pengunjung dari Desa Sumbermulyo Kecamatan Sale mengaku senang bisa ikut acara pesta lampion ini. Ia bersama temannya sengaja datang untuk bersama-sama untuk ikut menerbangkan lampion.

“Senang, kita datang bersama teman-teman untuk menonton musik di alam dan ikut menerbangkan lampion tadi,” akuinya kepada Mitrapost.com. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Komentar

Berita Terkait