Minim Kematian, Peternak di Pati Tak Minati Asuransi Ternak

Pati, Mitrapost.com – Tahun ini, Kabupaten Pati menargetkan 150 ternak diikutkan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K). Program dari Kementerian Pertanian ini dimaksudkan untuk melindungi peternak akibat kematian ternak.

Dinas Pertanian (Dispertan) mengaku sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2017 program asuransi ini belum diminati masyarakat. Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pati, Andi Hirawadi mengaku telah menawarkan ratusan polis asuransi kepada peternak atau kelompok tani sapi kerbau.

Ketidaktertarikan ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya rendahnya tingkat kematian ternak sapi kerbau di Pati. Andi mengatakan tahun lalu hanya ada 1 mati sapi saja yang menerima klime atas AUTS/K. Selain itu persyaratan untuk mendaftar AUTS/K juga sangat ketat.

Baca Juga :   Banjir di Desa Kasiyan, Jalur Alternatif Pati-Kudus Terhambat

Baca juga: Dispertan Pati Minta PPL Transparan Soal Data Peternakan

“Prosedurnya ketat. Sapi komoditas sapi potong dan harus betina, harus ada pemerikasaan dokter hewan, sapinya harus sehat. Sasaran kita juga kelompok tani bukan perorangan,” urai Kabid Peternakan, Andi Hirawadi saat diwawancarai Mitrapost.com belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati