Tingkatkan Produktivitas, Dispertan Pati Optimalisasi Peranan Mantri Hewan

Pati, Mitrapost.com – Upaya meningkatkan produktivitas peternakan di Kabupaten Pati, Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati memperkuat peran dan koordinasi antara Mantri Hewan dengan Penyuluh Pertanian Lapangan yang bertempat di Balai Penyuluh Pertanian (BPP).

Mantri hewan terdiri menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu Medik Veteriner atau Dokter Hewan, Paramedik Veteriner atau Perawat Hewan, dan Petugas Inseminasi Buatan (IB).

Kepala Seksi (Kasi) Data dan Informasi Dispertan, Aldonny Nurdiansyah mengatakan, selama ini upaya yang dilakukan dalam memberikan penyuluhan ternak terkendala karena kurang maksimalnya peranana PPL yang terjun di lapangan. Sementara sebagian besar PPL hanya memahami tentang komoditas pertanian, bukan peternakan.

Baca juga: Dispertan Genjot Budidaya Porang di Pati

Baca Juga :   Dewan Apresiasi Perbaikan Dua Jalan Utama di Pati

“PPL yang bertugas mendata dan menyuluh Kelompok Tani (Poktan) sering menemui kesulitan. Lantaran basic mereka hanya mampu memahami pertanian saja. Sementara peran mereka juga diperlukan untuk mendata dan menyuluh Poktan Ternak ke desa-desa,” ungkapnya kepada Mitrapost.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati