oleh

Perpustakaan Umum Rembang Fokus pada Pelayanan Digital

Rembang, Mitrapost.com – Perpustakaan Umum Kabupaten Rembang terpantau masih sepi pengunjung. Hal tersebut lantaran kebijakan dari pihak perpustakaan yang masih belum membuka pelayanan secara konvensional selama pandemi Covid-19.

Sugiarti, pustakawan di sana menuturkan, Perpustakaan Umum mulai membatasi layanan sejak Maret 2020 lalu dan masih berlaku hingga sekarang. Untuk pengunjung, pihaknya hanya memberi akses kepada PNS, pelajar, mahasiswa, atau masyarakat yang membutuhkan referensi untuk mengerjakan skripsi, tugas sekolah, maupun laporan kerja.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Adapun untuk sirkulasi pinjam dan pengembalian buku, sampai saat ini masih belum dibuka Kembali. Pihak Perpustakaan Umum juga belum memberikan akses kepada pengunjung yang hendak membaca di tempat.

Baca juga: Kemenag Rembang Tetap Siapkan Administrasi Calon Jemaah Haji

Baca Juga :   Seniman di Rembang dapat Lampu Hijau untuk Pentas

“Dulu waktu PPKM dibuka kami sempat buka dua hari, tapi mendapat teguran dari Pak Bupati. Jadi sesuai instruksi, kami baru akan buka (layanan konvensional) kalau sudah tidak ada kebijakan PPKM,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (27/5/2021).

Selama diterapkannya kebijakan PPKM, Perpustakaan Umum hanya buka dari Senin-Jumat dari yang semula hingga Sabtu. Untuk Senin-Jumat, Perpustakaan Umum buka dari pukul 07.30 WIB-16.00 WIB. Sementara khusus hari Jumat hanya membuka layanan hingga pukul 11.00 WIB.

Sugiarti menambahkan, selama pendemi ini Perpustakaan Umum tengah melakukan pengadaan buku untuk iRembang, yaitu perpustakaan digital yang dimiliki oleh Kabupaten Rembang. Pengadaan buku sementara difokuskan ke perpustakaan digital mengingat Perpustakaan Umum yang masih belum membuka layanan secara konvensional. Sehingga masyarakat yang tidak bisa bisa berkunjung selama pandemi ini masih bisa mengakses bacaan-bacaan terbaru melalui iRembang tersebut.

Baca Juga :   Pemda Rembang Berpeluang dapat 10 Persen Saham Eksplorasi Migas

“Buku-buku baru, yang up to date (dalam bentuk digital) dari beberapa penerbit yang masuk kita seleksi terlebih dulu. Mana yang sekiranya diminati kita masukkan ke iRembang,” terangnya. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait