Pupuk Subsidi Dipangkas, Gapoktan Usaha Jaya Olah Pupuk Organik Sendiri

Pati, Mitrapost.com – Gabungan Kelompok Tani (Gapokan) Usaha Jaya siasati kelangkaan pupuk subsidi dengan memproduksi pupuk organik secara mandiri sejak 2019 silam. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan petani menyediakan kebutuhan pada musim tanam.

Menurut Sekretaris Gapoktan Usaha Jaya, Hamdani Widyatmoko, kelompoknya berupaya mengolah pupuk organik secara mandiri. Pasalnya, dipangkasnya pupuk bersubsidi mempengaruhi sulitnya petani dalam mengolah lahan pertanian.

“Tahun ini pupuk subsidi dipangkas, sehingga pupuk dari pemerintah semakin langka. Oleh sebab itu, kami mengolah pupuk organik sendiri,” ungkapnya kepada Mitrapost.com belum lama ini.

Baca juga: Pemkab Blora Siapkan Penyaluran Pupuk Organik Subsidi

Melalui hewan ternak milik petani, Gapoktan Usaha Jaya menampung kotoran secara kolektif. Untuk digunakan sebagai bahan baku pupuk organik yang akan diolah kelompok.

Baca Juga :   Ajak Rubah Mindset, Endro: Perempuan Punya Hak dan Kewajiban yang Sama dengan Laki-laki

“Kelangkaan pupuk dapat diatasi, untuk diolah sendiri di persawahan petani sendiri. Demi wujudkan food estate” ungkap pria yang akrab disapa Dani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati