oleh

Jadi Destinasi Mudik, Covid-19 di Jateng Meningkat

Jakarta, Mitrapost.com Wilayah Jawa Tengah tercatat sebagai wilayah dengan kenaikan kasus Covid-19 cukup banyak pasca libur lebaran.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Wiku Adisasmito menilai bahwa kenaikan kasus terjadi karena jateng merupakan destinasi mudik pada saat liburan Idulfitri.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Dia mengatakan, mobilitas cukup tinggi terjadi pada penduduk setempat ke tempat wisata pada 13-19 Mei lalu yakni mencapai 51%.

Wiku mengatakan jika Jawa Tengah mengalami kenaikan kasus pada saat arus mudik, Provinsi DKI Jakarta mengalami hal sebaliknya.

DKI Jakarta mengalami kenaikan kasus Covid-19 pada saat arus balik mudik. “Hal ini yang mungkin menjadi penularan di tempat tujuan mudik dapat kembali ke DKI Jakarta,” ujar Wiku dalam keterangan persnya, Jumat (4/6/2021).

Baca Juga :   Dilaporkan Karena Sebarkan Ujaran Kebencian, Gus Nur Dijemput Polisi

Baca juga: Pasca Libur Lebaran, Kasus Covid-19 Melonjak di 5 Provinsi

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga telah memprediksi melonjaknya kasus Covid-19 usai libur lebaran.

“Ini terprediksi sebenarnya. Setiap kali ada libur panjang pasti ada kenaikan (kasus),” ujar Ganjar kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dilansir dari laman resmi BNPB, Kamis (3/6/2021).

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Tengah mencatat setidaknya ada delapan Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan kasus secara signifikan meliputi Sragen, Tegal, Brebes, Banyumas, Cilacap, Karanganyar, Wonogiri dan Kudus.

Ganjar menuturkan bahwa apa yang terjadi di Jawa Tengah saat ini, persis seperti yang terjadi pada 2020. Ada peningkatan kasus aktif pascalibur panjang nasional yang menyebabkan naiknya Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur hingga 90 persen.

Baca Juga :   BOR Covid-19 di Rembang Masih Terisi Penuh

Ganjar mengaku telah melakukan konsultasi dan koordinasi secara rutin terkait adanya potensi kenaikan kasus akibat libur panjang ini. Namun, dia juga mengakui bahwa hal itu tidak semua diantisipasi dengan baik oleh sejumlah pemerintah kota/kabupaten di Jawa Tengah. (UP)

Baca juga: Antisipasi Covid-19 Menanjak, RSUD Kalisari Batang Tambah Bed Isolasi

 

Artikel ini telah tayang di Ayosemarang.com dengan judul “Kenaikan Kasus Positif Covid-19 di Jawa Tengah karena Jadi Destinasi Mudik”.

 

 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait