Pandemi Picu Angka Stunting Meningkat

Rembang, Mitrapost.com– Wabah covid-19 menyebabkan kasus stunting meningkat. Kejadian ini diperkuat berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas).

Tahun 2013 kasus stunting disebutkan sebesar 32 persen dari jumlah anak lahir, tahun 2018 menurun menjadi 26 persen, di tahun 2019 menurun menjadi 22,9 persen, di tahun 2020 meningkat menjadi 24,97 persen.

Rentetan data itulah yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rembang, Ali Syofi’i dalam kegiatan Rembuk Stunting strategi pencegahan dan penanggulangan stunting, di lantai 4 Kantor Bupati Rembang, (10/6/21)

Baca Juga: Wabup Rembang Minta Masyarakat Tak Remehkan Lonjakan Covid-19

Ali Syofi’i mengatakan permasalahan-permasalahan yang memicu kenaikan stunting diantaranya adanya pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Foto Para Kades Berkaos #2 dan Acungkan Dua Jari Jadi Temuan Bawaslu

“Situasi pandemi layanan yang membutuhkan posyandu harus dirapid test, sehingga angka partisipasinya di angka 50%. Kemudian variasi disparitas yang tinggi antara puskesmas satu dengan yang lain, belum semua instansi nasional dan swasta ini mempunyai ruang untuk menyusui, pernikahan usia muda masih banyak terjadi, pola asah asih asuh belum optimal,” imbuhnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati