Komoditas Tembakau di Rembang Alami Penurunan

Rembang, Mitrapost.com – Komoditas tembakau Kabupaten Rembang tahun 2021 ini dilaporkan mengalami penurunan. Hal tersebut sebagaimana dikonfirmasi oleh Ika Himawan selaku Kabid Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang.

Ia menjelaskan, untuk tahun ini angka penurunannya tidak terlalu signifikan dibanding tahun 2020 lalu. Yakni masih di kisaran 5000 hektare. Penurunan tersebut, seturut keterangan Ika, disebabkan karena adanya penurunan permintaan dari pihak buyer/pemborong.

“Tahun kemarin ya sekitar 5000 hektare luasannya, kalau tahun ini turun sedikit lah,” terangnya saat dihubungi Mitrapost.com, Senin (14/6/2021).

Baca Juga : Memasuki Kemarau, Petani Garam Rembang Mulai Garap Lahan

Bagi Ika, naik atau turunnya komoditas tembakau adalah hal yang biasa terjadi di setiap tahun. Selagi penurunan tersebut tidak terlalu signifikan. Namun demikian, ia menyebut bahwa pihaknya sudah mengusulkan kepada Pemerintah Daerah terkait adanya subsidi harga tembakau. Pasalnya, selama 10 tahun terakhir ini harga tembakau cenderung stagnan (cenderung rendah), sementara satu sisi biaya produksi terus naik.