Petani Padi Tetap Produktif, Demak Surplus Persediaan Gabah

Demak, Mitrapost.com – Produksi padi terus berjalan, Kabupaten Demak surplus persediaan gabah. Hal ini mengakibatkan harga gabah di Demak relatif stabil.

Menurut keterangan Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan dan Hortikultura Heri Wuryanto, terus berjalannya produksi padi mengakibatkan kawasan Demak mengalami surplus gabah hingga 300 ribu ton. Saat ini, produksi padi mencapai 351.708 ton.

“Panen padi di wilayah Demak masih surplus sekitar 200 sampai 300 ribu ton dengan produksi padi saat ini ada 351.708 ton,” kata Heri kepada Mitrapost.com, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: Video : Tim Gugus Tugas Kabupaten Demak Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Lebih lanjut, luas lahan pertanian di Kabupaten Demak mencapai 53.597 hektare. Lahan tersebut tak hanya ditanami padi semata, namun juga beragam tanaman palawija seperti jagung dan juga kacang.

Baca Juga :   Pemkab Demak Perketat Aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Sementara itu, menurut Kepala Seksi (Kasi) Tanaman Pangan, Sukisman, harga padi bulan Juni tergolong stabil.

“Soal harga gabah, dilihat dari padi itu sendiri. Kalau panen padi dengan mesin pemanen padi (kombi) harganya Rp4600/kg, sedangkan yang pakai mesin perontok padi (blower) harganya Rp4200/kg,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati