oleh

Capai 1.108 Kasus Perceraian di Demak, Didominasi Faktor Ekonomi

Demak, Mitrapost.com – Kasus perceraian di Kabupaten Demak mencapai 1.108 kasus hingga triwulan kedua tahun 2021. Faktor ekonomi mendominasi penyebab perceraian di Demak.

Hakim Pengadilan Agama Demak, Makali mengungkap total kasus perceraian terdiri dari cerai gugat yang diajukan istri sebanyak 829 dan cerai talak yang diajukan suami sebanyak 279 kasus.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Data itu terhitung mulai Bulan Januari 2021 sampai bulan Juni saat ini,” ungkap Hakim Pengadilan Agama (PA) Demak, Makali kepada wartawan saat didatangi di Kantor Pengadilan Agama.

Baca juga: 101.715 Pelaku UMKM Demak Terima BPUM

Makali juga mangatakan, faktor ekonomi mendominasi penyebab perceraian.

“Faktor yang banyak menyebabkan perceraian yaitu masalah ekonomi. Sisanya disebabkan oleh campur tangan orang tua yang berlebihan, pemarah, dan orang ketiga,” jelasnya.

Baca Juga :   Tekan Penyebaran Covid-19, Pariwisata Demak Ditutup Sementara

Makali menyampaikan, Pengadilan mengabulkan perceraian bukan masalah kurangnya ekonomi, tapi menjadikan penyebab perceraian yaitu pertengkaran dan perselisihan karena kurangnya ekonomi sehingga terjadi pertengkaran dan perselisihan.

“Pengadilan tidak melihat dari masalah ekonomi. Akan tetapi, melihat dari masalah yang ditimbulkan dari ekonomi yaitu pertengkaran dan perselisihan. Ada pasal 19 huruf F yang menjelaskan antara suami dan istri terus-menerus terjadi perselisihan dan pertengkaran dan tidak ada harapan akan hidup rukun lagi dalam rumah tangga,” terangnya.

Kemudian, selama pandemi Covid-19, kasus perceraian yang ditangani oleh Pengadilan Agama Demak tidak mengalami kenaikan secara signifikan, jika dibandingkan dengan tahun lalu. Angkanya hampir sama, cuma perbedaan angkanya sedikit sekali.

Baca Juga :   41 Kendaraan Hasil Curanmor Diamankan Polres Demak

Selain itu, tak hanya kasus perceraian yang ditangani PA Demak. Akan tetapi, ada kasus-kasus lain seperti waris, wasiat, wakaf, zakat, dan masih banyak lagi.(*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait