Rashdul Kiblat, Hari Ini dan Besok Bisa Cek Arah Kiblat

Pati, Mitrapost.com – Lajnan Falakiyah Nahdlatul Ulama (LF-NU) mengungkapkan dua hari ini matahari akan berada di atas Ka’bah. Saat fenomena yang disebut Rashdul Kiblat ini masyarakat bisa mengecek arah kiblat di seluruh penjuru dunia selagi matahari terlihat.

Rashdul Kiblat dipastikan berlangsung pada Kamis (15/7/2021) sore dan besok Jumat (16/7/2021) sore WIB. Fenomena ini juga terjadi pada tanggal 27 dan 28 Mei.

Organ departementasi Nahdlatul Ulama yang bergerak di bidang astronomi ini menyatakan pada 15 Juli dan 16 Juli ini sekira pukul 16.27 WIB merupakan waktu penentuan kembali arah kiblat. Sementara untuk tanggal 27 dan 28 Mei, waktu yang tepat untuk menentukan arah kiblat sekitar pukul 16.18 WIB.

Baca Juga :   Pandemi Covid-19, Sekolah Swasta Semakin Susah Cari Murid

“Pada saat itu, matahari berada tepat di atas Ka’bah, jadi untuk kita yang ada di Indonesia, ini merupakan momen penting untuk menentukan arah kiblat,” jelas Erik Mahendra, salah satu pengurus LFNU Pati.

Erik juga menjelaskan tentang tata cara menentukan arah kiblat saat Rashdul Kiblat. Pertama, dengan cara meletakkan benda (bisa tongkat atau sejenisnya) secara tegak lurus dengan tanah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati