Video : Kebiasaan Merokok Orangtua Bisa Picu Stunting pada Anak

Pati, Mitrapost.com – Kebiasaan merokok memiliki efek negatif bagi kesehatan. Bukan hanya untuk diri sendiri, rokok bahkan bisa picu stunting pada anak.

Kasi Kesga Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pati Kasriyatun menyebut asap rokok dapat mengahambat penyerapan nutrisi pada anak.

Perlu diketahui stunting merupakan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek daripada anak seumurannya. Peluang terjadinya stunting paling tinggi disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang diterima oleh anak.

“Orangtua yang merokok, dari asapnya memang mengganggu tumbuh kembang anak. Asap rokok memberi efek langsung mengganggu penyeraan gizi pada anak,” ungkap Kasriyatun saat ditemui di kantornya, Sabtu (17/7/2021).

Baca Juga :   Video : Seorang Tambal Ban Ngamuk Mengancam Tetangganya Dengan Sebilah Parang

Selain it,u merokok juga meningkatkan biaya harian keluarga. Hal ini mengakibatkan biaya kesehatan, pendidikan, dan gizi anak berkurang.

“Bukan hanya bapaknya. Ibu yang merokok saat hamil juga bisa menyebabkan anaknya stunting. Yang paling bahaya bisa menghambat pertumbuhan janin,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati