oleh

Satgas Jogo Tonggo Diminta Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Pandawa BPJS JKN PATI

Semarang, Mitrapost.com – Satgas Jogo Tonggo diminta untuk mengajak para penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen.

Sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen pada (21/7/2021). Ia juga menambahkan perlu adanyaw sosialisasi tentang donor plasma ini, guna membantu pasien yang membutuhkan.

BPKAD Pati

“Kalau perlu setiap desa atau kelurahan minimal bisa diadakan sosialisasi terkait donor plasma konvalesen. Ini perlu kita sampaikan kepada Jogo Tonggo yang ada di daerah. Kalau sudah ada berapa, bisa dilayani sehingga nanti PMI datang ke desa tertentu tidak hanya melayani satu orang,” terang Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, saat FGD bertajuk ‘Susahnya Berburu Plasma Konvalesen’ secara virtual, dari ruang kerjanya, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga :   Ratusan WN India Masuk Indonesia, Satgas Covid-19: Ada yang Positif

Tidak hanya itu, Wagub juga mengajak para pegawai pemerintahan di Jawa Tengah yang merupakan penyintas Covid-19 untuk melakukan donor plasma konvalesen, yang termasuk dalam Gerakan Donor Plasma Konvalesen (Gedor Lakon).

“Pada launching Gedor Lakon, saya  sampaikan kepada bupati dan wali kota di Jateng, bahwa yang terpapar Covid-19 bukan hanya masyarakat umum tapi juga dari kalangan perkantoran pemerintahan. Nah ini kita dorong untuk pendataan siapa saja yang terpapar, kemudian data itu kita serahkan pada PMI,” ujar Gus Yasin, sapaan akrabnya.

Dalam rapat penanganan Covid-19 yang telah digelar, juga mengarahkan seluruh wali kota dan bupati untuk memberikan data para penyintas. Sehingga bagi ASN yang merupakan penyintas, bisa melakukan memberikan sampel plasma konvalesen yang akan ditangani oleh PMI.

Baca Juga :   Tak Akui Bayi dari Hasil Hubungan Gelap, Seorang Bapak Tega Bunuh Anaknya

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan evaluasi untuk pengadaan alat donor plasma konvalesen. Sehingga donor dapat dilakukan di beberapa daerah.

“Kita juga sudah evaluasi untuk pengadaan mesin atau alat donor plasma konvalesen. Sehingga nanti kita bisa donor di beberapa daerah atau tidak hanya di Kota Semarang, Solo, dan Banyumas. Ini untuk memudahkan pemenuhan permintaan plasma konvelesen dan menekan kematian akibat Covid-19,” bebernya.

Oleh karena itu, ia berharap adanya peran Satgas Jogo Tonggo di lini terkecil. Serta melakukan sosialisasi dan juga pendataan terhadap para penyintas yang dapat mendonorkan plasma konvalesen. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Baca Juga :   Jadwal Seleksi Diundur, Jateng Dapat Alokasi 11.648 Lowongan CPNS

Redaktur: Mila Candra

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait