Meski Dana Kena Refocusing, Gerakan Pati Literasi Dipastikan Masih Jalan

Pati, Mitrapost.com – Kasi Pembinaan dan Monet Perpustakaan Arpusda Pati Juriah, mengungkapkan refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19 memaksa Arpusda untuk menunda beberapa program pembinaan di Perpustakaan di tingkat lembaga pendidikan hingga desa.

Kendati demikian, Gerakan Pati Literasi oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Pati masih terus berlanjut untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat lewat membaca.

Diketahui, baru-baru ini Arpusda Pati telah mengawal 8 perpustakaan untuk mendapatkan akreditasi nasional untuk menjamin kualitas kegiatan perpustakaan.

Pasalnya, di sejumlah tempat minat meminjam buku saat pandemi malah bertambah untuk mengisi aktivitas selama berdiam di rumah. Seiring bertambahnya minat baca masyarakat kualitas perpustakaan juga harus ditambah.

“Untuk pembinaan Perpus desa sebelum pandemi ada. Biasanya disesuaikan kebutuhan. Satu tahun berapa titik ditentukan. Setelah pandemi dananya di-refocusing dikembalikan pemerintah. Untuk pembinaan khusus untuk akreditasi perpustakaan di 8 titik. Untuk diikutkan akreditasi di Jakarta secara virtual,”  kata Juariah kepada Mitrapost.com usai meninjau Perpustakaan Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo, Jumat (23/7/2021).