8 Makanan untuk Meningkatkan Serotonin, Hidup Penuh Kebahagiaan

Mitrapost.com – Suasana hati seseorang sangat dipengaruhi oleh peranan hormon serotonin.

Kadar serotonin dalam tubuh berpengaruh pada suasana hati hingga perilaku seseorang.

Menurut penelitinan, kadar serotonin yang rendah dapat memicu terjadinya depresi. Sementara itu, berkurangnya kadar serotonin di otak dapat menyebabkan masalah memori dan sauasana hati yang rendah.

Serotonin tidak dapat ditemukan di makanan. Namun, untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, kita perlu mengonsumsi makanan yang menga ndung triptofan dalam jumlah besar.

Berikut ini makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan serotonin.

  1. Ikan salmon

Tak hanya kaya akan triptofan, ikan berlemak ini juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang penting untuk kesehatan. Tinggi Asam lemak omega 3 dapat membantu mendukung tulang yang kuat, kulit yang sehat, dan fungsi mata.

Salmon juga merupakan sumber vitamin D yang penting untuk mendukung kekuatan tulang dan gigi, serta otot yang sehat. Makan dua porsi ikan berlemak per minggu dapat memberikan triptofan yang cukup bagi kebanyakan orang. Bagi vegan dan vegetarian, omega-3 sendiri bisa dieroleh dari biji labu, kenari, dan kedelai.

  1. Daging unggas

Daging unggas seperti ayam, kalkun, dan angsa bisa menyediakan triptopan cukup banyak untuk mendukung produksi hormon serotonin dalam tubuh. Daging unggas tanpa lemak, seperti dada ayam, biasanya tinggi protein dan rendah lemak.

  1. Telur

Telur sangat kaya akan triptofan, terutama di bagian kuning telurnya. Tak hanya triptofan, kuning telur juga sanggup menyediakan nutrisi Tirosin, Kolin, Biotin, Asam lemak omega 3, Nutrisi lain yang merupakan kontributor utama manfaat kesehatan dan sifat antioksidan telur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati