oleh

Refocusing Anggaran, Pemkab Pati Batal Subsidi Asuransi Pertanian

Pati, Mitrapost.com – Tahun ini pemerintah kabupaten Pati batal mensubsidi iuran Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) untuk para petani. Pembatalan ini diakibatkan oleh agenda refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Rumillah Rukisih, Seksi Agribisnis kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pati. Ia mengatakan, harusnya dana untuk mengcover asuransi pertanian dijadwalkan bisa turun bulan Agustus pada agenda perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Ada info dari Setda perubahan anggaran di batalkan. harusnya Agustus awal diundur Oktober. Ada info dari Sekda tahun ini dibatalkan. Kalau ngurangi bisa, kalau nambah anggaran tidak bisa. (alternatifnya)kita akan gandeng Jasindo dengan kemitraan lagi,” kata Rukisih kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga :   Belum Diperbolehkan Gelar Kajian, Penyuluh Agama Islam: Jamaah Menunggu

Perlu diketahui, AUTP APBN adalah program asuransi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Normalnya untuk memanfaatkan program ini, para petani diharuskan membayar iuran sebesar Rp180 ribu, namun disubsidi oleh APBN sebesar Rp144 ribu. Sehingga para petani hanya perlu membayar Rp36 ribu per musim tanam.

Rukisih mengungkapkan, rendahnya minat petani untuk berasuransi adalah karena harus membayar iuran. Oleh karenanya untuk menutup iuran Rp36 ribu ini, Dinas Pertanian Pati berupaya untuk mencovernya melalui anggaran APBD Kabupaten.

Disebutkan bahwa, Dispertan Pati telah mengajukan Rp100 juta untuk subsidi AUTP 2.650 hektar lahan padi pada musim tanam ketiga tahun ini.

“itu wacana ada pertemuan Pak kabid dan Pak Wakil Bupati kemarin keterbatasan angggaran ada refokusing lagi. mau nya dinas membantu bagaimana AUTP dibantu di perubahan anggaran 2.650 X Rp36 ribu ditanggung di perubahan APBD tahun ini,” ungkapnya. (*)

Baca Juga :   Ajang Motor Trail Adventure Berlangsung Meriah, Pemdes Sokokulon: Trabas Itu Berskala Nasional

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral