Produksi dan Harga Gabah Anjlok di Musim Panen Ketiga Tahun Ini

Pati, Mitrapost.com – Tahun ini produksi gabah di Pati mengalami penurunan pada musim tanam padi ke-3 dibandingkan tahun lalu dengan periode yang sama. Hal ini disampaikan oleh Kabid Tanaman Pangan dan Holtikutura Dinas Pertanian (Dispertan) Pati Kun Saptono.

Ia tak merinci terkait angka penurunan panen lantaran datanya masih dalam tahap verifikasi.

Ia menerangkan, turunnya harga gabah disebabkan cuaca yang tidak stabil sejak awal musim kemarau tahun ini. Curah hujan yang tak menentu menyebabkan pertumbuhan tanaman padi tidak optimal.

“Kondisi iklim mengakibatkan cuaca tidak bisa stabil sehingga produksinya kurang. Mingu pertama-kedua masih banyak hujan. Rupanya hujan itu tidak begitu baik untuk pertanaman. fluktuasi cuaca yang tidak stabil mempengaruhi pertumbuhan vegetatif tanaman sampai pengisian bulir padi,” kata Kun saat ditemui di Kantor Dinas Pertanian.

Baca Juga :   Harga Garam Briket Naik, Penjual Sulit Dapat Pembeli

Untuk meningkatkan produksi gabah tahun depan, Dispertan Pati berencana akan menggencarkan penggunaan bibit padi varietas cepat tumbuh di Pati selatan yang notabene  sawahnya menganut sistim tadah hujan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati