September-November Diprediksi Nelayan Panen Raya

Pati, Mitrapost.com – Bulan September sampai dengan November diprediksi akan menjadi momentum panen raya tangkapan ikan bagi nelayan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit II Juwana, Tri Widodo kepada Mitrapost.com belum lama ini.

“Tahun lalu pada bulan 9 sampai 11, nelayan dari TPI II mengalami panen raya. Kami pun memprediksi pada bulan depan sampai bulan 11 akan panen raya. Dengan catatan, cuaca sudah membaik,” ujar Tri Widodo.

Berdasarkan pemantauannya, pihak TPI Unit II Juwana mendata terdapat 1.000 nelayan purse seine.

Saat ini terdapat kurang lebih 50 persen nelayan beserta anak buah kapal (ABK)nya yang masih di lautan luar Jawa. Kondisi trsebut disebabkan karena masih tingginya gelombang dan cuaca yang dingin, sehingga mereka belum mampu pulang.

Baca Juga :   Pencarian Pemuda Tenggelam di Juwana Diperlebar Hingga Rembang

Pasalnya, kondisi suhu laut, seperti di Papua masih dingih sehingga masih banyak kapal yang belum berani berlayar.

“Nelayan sini ada yang masih banyak di lautan karena belum bisa pulang. Mereka ada yang di Kalimantan, Sulawesi, bahkan di Papua. Mereka belum berani pulang karena suhu di laut masih dingin. Situasi seperti ini juga menghambat produksi nelayan,” imbuhnya saat diwawancarai di ruangannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati