Menilik Bangunan Peninggalan Belanda di Pati

Pati, Mitrapost.com – Bangunan klasik di keliling modern. Berbalut warna mencolok, oranye, kuning dan putih, bangunan yang berada di SMPN 5 Pati ini tak tampak bangunan peninggalan Belanda.

Meskipun demikian, bila diamati dengan seksama, bangunan ini terlihat ciri khas era kolonial. Pintu dan jendela besar, khas arsitektur Hindia Belanda menghiasi bangunan dengan empat ruangan ini.

Bangunan itu sudah melalui berbagai renovasi. Biasanya, ada pengecatan ulang. Agar warna gedung seragam. Selain itu, diwarnai dengan ciri khas sekolah tersebut. Yakni, warna oranye.

Tak hanya itu, terlihat foto-foto sejumlah wanita asal Pati pada era itu. Dengan ciri khas pakaian dan potongan rambut era 1960-1980. Dono Riyanto, Sarpras pada SMPN 5 Pati itu menunjukkan koleksi album lawas tersebut.

Baca Juga :   Bendungan Jebol Belum Teratasi, Banjir di Batangan Tak Kunjung Surut

Selain itu, bangunan tengah SMPN 5 Pati yang memiliki ciri khas Belanda dengan pintu dan jendelanya besar. Luasnya kisaran 3×5 meteran. Dibandingkan dengan buatan lokal kisaran 2×3 meteran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati