oleh

Tak Terdampak Pandemi, Petani Tembakau di Sulang Memasuki Musim Panen

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Rembang, Mitrapost.com – Sejumlah petani tembakau di Kecamatan Sulang mulai tersenyum di tengah Pandemi Covid 19. Sebagian di antara mereka mulai memanen tembakau yang ditanam pada tahun ini.

Petani tembakau yang mulai panen diantaranya, Kelompok Tani Mulyo Desa Sumber dan Kelompok Tani Anugerah yang ada di Desa Waringen.

Ketua kelompok Tani Mulyo Agung Laksono menyampaikan pandemi Covid 19 tidak berpengaruh terhadap aktivitas pertanian tembakau.

“Tidak ada dampak sekali dari pandemi. Aktivitas bertani Tembakau tetap terjadi seperti biasa. Sebagian dari kami sudah mulai proses panen dan pengikingan lalu pengeringan,” ujarnya kepada Mitrapost.com, Jumat (27/08/2021).

Meskipun tidak menemui kendala berarti selama bertanam tembakau, Agung Laksono mengaku proses bertani tembakau di tahun ini tidak maksimal. Pasalnya, curah hujan yang tinggi diawal musim tanam tembakau.

Baca Juga :   Memasuki Kemarau, Petani Garam Rembang Mulai Garap Lahan

“Banyak tanaman tembakau yang mati karena diawal penanaman hujan turun terus menerus, akibatnya hasil panen kita berkurang. Dari lahan sekitar 14 hektare yang ditanam kelompok tani mungkin hanya sekitar tiga perempat saja atau sekitar 5 hektare yang bisa dipanen. Tahun ini kita tidak bisa maksimal,” tukasnya.

Meskipun tidak maksimal, petani tembakau di Desa Sumber tetap bersyukur dengan hasil yang didapat tahun ini. Lantaran tak ada hama serangan penyakit sehingga petani bisa bercocok tanam dengan tenang. Adapun masalah yang dihadapi adalah penyakit keriting yang bisa diatasi karena mayoritas petani di Desa Sumber sudah berpengalaman.

“Penyakit keriting kita atasi semprot dengan menggunakan susu sapi murni dicampur air dengan perbandingan 1 liter banding 13 liter,” paparnya. (*)

Baca Juga :   44 Ribu Petani Pati Dapatkan Kartu Tani

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar