Cegah Degradasi Mutu Lahan, Pemerintah Gencarkan Penggunaan Pupuk Organik

Purbalingga, Mitrapost.com – Guna mencegah terjadinya degradasi mutu lahan tanam akibat dari penggunaan pupuk kimia (anorganik), pemerintah gencarkan untuk penggunaan pupuk hayati (organik).

Demikian disampaikan oleh Bupati Purbalingga, Agus Bastian, pada acara penerimaan bantuan pupuk hayati cair dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI, di Kantor Desa Kunir Kecamatan Butuh, Selasa (07/09/2021).

“Sebab selain menyediakan hara tanaman, pupuk hayati juga dapat memperbaiki struktur tanah, memperkuat daya ikat agregat (zat hara) tanah, meningkatkan daya tahan dan daya serap air, serta memperbaiki drainase dan pori-pori dalam tanah,” ungkapnya.

Sejak awal tahun 2021, bantuan pupuk dari pemerintah pun sudah disalurkan kepada 140 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Purworejo. Jumlah bantuan tersebut, imbuh bupati, mencapai  52.965 liter untuk luas lahan 10.593 hektare.

Baca Juga :   Dindik Kota Pekalongan Siapkan PTM Terbatas PAUD/TK

Bupati juga mengungkapkan bahwa peningkatan produksi dan produktivitas pangan dapat tercapai apabila sarana dan prasarana pertanian memadai, efisien, serta didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, berkemauan keras, serta memahami teknologi informasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati