DPU Kota Semarang Terus Pantau Penurunan Permukaan Tanah

Semarang, Mitrapost.com – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) kota Semarang terus memantau penurunan permukaan tanah.

Langkah ini dilakukan untuk mengetahui kondisi permukaan tanah secara realtime. Kemudian data ini akan dikirimkan ke Bappeda kota Semarang untuk dikaji lebih lanjut.

Demikian disampaikan Kepala DPU Kota Semarang Sih Rianung melalui Kepala UPTD Pengelola Pompa Banjir Wilayah Tengah II Semarang, Yoyok Wiratmoko. Yoyok mengatakan dalam Stasiun Pompa Drainase terdapat empat buah alat ukur penurunan tanah.

Alat tersebut berupa besi yang masuk ke dalam lubang yang jika terjadi penurunan tanah maka besi tersebut akan ikut bergerak turun. “Ini adalah untuk alat ukur penurunan tanah di lokasi kami. Dibuat 2012 dimana tahun 2021 ada di (tanda) paling atas. Ini sampai Juni 2021 penurunan sekitar 1 meter, setelah hitung setiap bulan rata-rata 0,5 cm,” katanya.

Baca Juga :   Seiring Penurunan Level, Ada Aturan PPKM Baru di Kota Semarang

Yoyok mengatakan jika gedung utama dirumah pompa tidak akan mengalami penurunan karena pondasinya ditanam pada bagian tanah yang keras. “Kedalaman tiang pancang bangunan rumah pompa, kantor dan fasilitas penting lainnya sekitar 35 meter,” ujar Yoyok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati