oleh

Menyoal Nasib Gedung Sekolah di Kala Pandemi

Rembang, Mitrapost.com – Pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah selama pandemi harus diperhatikan. Hal ini bertujuan untuk memastikan pendidikan dapat berjalan dengan baik karena sarana dan prasarana sekolah merupakan faktor penunjang terlaksana sebuah pembelajaran.

Mardi, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Rembang, mengatakan pihaknya selalu memantau sarana dan prasarana sekolah terlebih di masa pandemi, penerapan pembelajaran secara daring, membuat sarana dan prasarana tidak difungsikan dengan baik. Hal ini dikhawatirkan akan mempengaruhi keadaan sarana dan prasarana tersebut.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Selain masa pandemi seperti ini, banyak pula bangunan sekolah yang sudah termakan usia. Jadi kami pantau terus. Kalau ada kerusakan langsung diperbaiki” Ujarnya Kepada Wartawan Mitrapost.com

Baca Juga :   Banyak Situs Terbengkalai, TACB Rembang: Ngurusnya Bertahap

Mardi menjelaskan, selama pandemi dan penerapan sistem pembelajaran daring, sekolah tidak semerta-merta tutup dan kosong. Selain tetap mengadakan pelayanan seperti legalisir dan beberapa hal lain, para tenaga pendidik dan petugas sekolah tetap masuk juga ikut mengawasi dan merawat bangunan tersebut.

Pantauan mengenai sarana dan prasarana sekolah selama ini dilakukan dengan cara, masing-masing sekolah mengisi borang terkait bangunan. Lalu jika terdapat berbagai kerusakan atau butuh perbaikan, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan berbagai instansi guna menindaklanjuti hal tersebut.

“Mereka mengisi borang, jadi dapat kita pantau kerusakan semacam apa. Apakah ringan, sedang atau berat. Lalu kami usulkan ke pusat dan APBD untuk penganggaran dan penyelesaian.” ungkapanya.

Baca Juga :   Kebakaran di Toko Mebel Diprediksi Baru Bisa Dipadamkan Maghrib Nanti

Sebenarnya, lanjut Mardi, tidak ada anggaran khusus untuk perbaikan bangunan sekolah selama pandemi. Pihaknya menilai bangunan-bangunan yang butuh perbaikan dipengaruhi oleh faktor usia.

“Kami sudah punya datanya, jadi kami pun sudah memetakan mana yang menjadi prioritas untuk diperbaiki,” Lanjutnya.

Mardi berharap, terbentuknya koordinasi secara baik terkait sarana dan prasarana sekolah sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala pada sarana dan prasarana. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait