Dorong Peningkatan Sinergi, Aplikasi Simtramtibum Linmas Diluncurkan

Pekalongan, Mitrapost.com – Sebagai langkah untuk mendorong peningkatan sinergi dan koordinasi layanan ketentraman, ketertiban umum (tramtibum) dan perlindungan masyarakat (linmas) antar stakeholder, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Satpol PP setempat mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen  Ketentraman dan Ketertiban Umum/Aplikasi Pelayanan Tramtibumlinmas-Damkar.

Aplikasi berbasis IT ini diluncurkan oleh Walikota Pekalongan,HA Afzan Arslan Djunaid di Aula Kantor BKD Kota Pekalongan,Kamis(9/9/2021).

Kasatpol PP Kota Pekalongan, Sri Budi Santoso mengatakan bahwa tramtibum linmas merupakan pelayanan dasar dalam pelaksanaan otonomi daerah.

Oleh karena itu, perlu dikelola dengan menggunakan manajemen yang baik, sehingga kualitas proses layanan masyarakat dapat meningkat.

Terlebih saat ini telah memasuki era serba Informasi dan Teknologi (IT), dimana semua sektor kehidupan masyarakat dipengaruhi oleh transformasi digital. Oleh sebab itu, layanan publik juga sudah harus memanfaatkan IT agar bisa sejalan dengan perkembangan yang ada di tengah masyarakat. Pasalnya,urusan trantibumlinmas tidak hanya dijalankan oleh Satpol PP saja,melainkan juga stakeholder terkait lainnnya seperti seksi trantib kelurahan, trantib kecamatan,hingga jajaran TNI/POLRI.