oleh

Tak Hanya Peternak Bebek, Pengusaha Telur Juga Terdampak PPKM

Pati, Mitrapost.com – Harga telur bebek dari tangan petani masih turun bulan ini. Penurunan ini diperkirakan karenanya adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Rendahnya harga telur ini tak semata-mata merugikan peternak dan menguntungkan pengepul.

Amhal Kaifahmi, pengusaha telur asap dari Desa Kalikalong Kecamatan Tayu mengungkapkan, meski ongkos produksinya makin murah permintaan di masyarakat terhadap produksi telur juga menurun.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

“Itu kan ilmu ekonomi, kalau stoknya banyak perrmintaan turun. Dari pengusaha dari segi beli telur memang bisa lebih murah, tapi permintaannya turun, karena mungkin pandemi daya beli masyarakat masih rendah,” ungkapnya kepada Mitrapost.com saat di temui di rumahnya, Senin (13/9/2021).

Sehari-hari ia biasa menjual dagangannya di warung-warung, rumah makan, pusat oleh-oleh, dan tempat wisata yang notabene sangat terdampak program PPKM. Oleh karenanya dalam beberapa bulan terakhir ia mengurangi produksi telurnya.

Baca Juga :   Tambang di Sukolilo Makan Korban Jiwa, Dewan Pati Minta Izin Dievaluasi

Kendati demikian, Fahmi menyebut mulai pekan ini permintaan telur asin dan telur asap di pasaran merangkak naik setelah diberlakukannya PPKM level dua. Pusat oleh-oleh juga saat ini sudah mulai ramai jelang dibukanya tempat pariwisata. Jika kondisi ini berlanjut ia menduga dalam waktu dekat harga telur peternak juga akan naik.

“Harga mentah telur ini turun dari petani, tapi beberapa terakhir ini agak beda mereka pergerakan perekonomian sudah mulai naik. Pemproduksi sudah lebih banyak,” imbuh Fahmi.

Fahmi menerangkan telur ayam dan telur bebek dari segi penjualan agak berbeda berbeda, telur ayam yang harganya lebih murah dianggap lebih pokok dibandingkan telur bebek. Telur bebek rata-rata diproduksi oleh para pelaku usaha telur olahan, oleh karenanya saat daya beli masyarakat naik, telur ayam akan diprioritaskan untuk di beli.(*)

Baca Juga :   Anggaran Covid-19 Berkurang, Rumah Karantina Hotel Kencana Tak Diperpanjang

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait