oleh

Pemkab Rembang Siap Dukung UMKM Sediakan Produk Halal

Rembang, Mitrapost.com – Menteri agama kabupaten Rembang siap dukung pelaku usaha mikro kecil dan Menengah (UMKM) untuk dapat menyediakan Produk Halal.

Bentuk dukungan tersebut antara lain diberikan dengan memberikan pendampingan manajemen produk halal. Penyederhanaan proses perizinan serta mendampingi pelaku usaha yang akan mengajukan sertifikat halal.

Bpkad Pati

“Kita akan lakukan pendampingan untuk mendapatkan sertifikat hala,l” ujar Peyelenggara zakat dan wakaf Kemenag Rembang, Sri Farida Ristiyana. Kepada wartawan Mitrapost.com.

Dijelaskanya pengajuan sertivikat halal bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Si Halal. Adapun persyaratan cukup dengan melampirkan profil usaha, Nomer Induk Berusaha (NIB), Nomer PIRT (Pangan industri Rumah Tangga).

Pihaknya selama ini sudah melakukan pendampingan bagi pelaku usaha melalui pelayanan terpadu Satu pintu (PTSP) online atau si Playon.

Baca Juga :   Pemkab Rembang Mulai Perbaiki Jalan Penghubung Sedan - Pamotan

“Selain itu kami juga menerima konsutasi melalui WhatsApp, karna belum banyak yang tahu tentang pengajuan Sertivikat halal,” imbuhnya.

Menurut Menag, pemberlakukan kewajiban bersertifikat halal sejak 17 Oktober 2019 membawa implikasi yang tidak sederhana. Ada tantangan yang menghadang di depan mata, salah satunya jumlah dan sebaran UMKM yang cukup besar di Indonesia. Khususnya di kabupaten Rembang.

Sertifikasi halal sangat penting untuk memastikan dan menjamin bahwa produk yang beredar dan dikonsumsi, digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat telah memenuhi standar halal. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait