Video : Pandemi Covid-19, HIV/Aids Kurang Dapat Perhatian

Pati, Mitrapost.com – Lantaran adanya pandemi Covid-19, permasalahan HIV/Aids kurang dapat perhatian dari pemerintah. Hal ini diakui oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

Bupati Pati Haryanto mengungkapkan pihaknya lebih fokus menangani pandemi Covid-19 selama ini. Banyak anggaran yang dialokasikan untuk penanganan Covid-19 dibandingkan penanganan HIV/Aids.

Padahal, menurutnya, HIV/Aids maupun pandemi Covid-19 sama-sama berbahayanya. Covid-19 menyerang sistem kesehatan manusia dengan cepat dan penularan yang cepat pula. Sedangkan HIV/Aids menyerang sistem kekebalan dengan pasti meskipun penularan tak secepat Covid-19.

“Kurang diperhatikan di masa pendemi. Lantaran fokus pemerintah lebih ke pandemi Covid-19. Sementara penanganan HIV/Aids tertunda,” ujar Haryanto, Rabu (15/9/2021).

Kurang diperhatikannya HIV/Aids ini terbukti dengan adanya anak yang mengidap HIV/Aids. Pihaknya pun melakukan rapat koordinasi dengan camat-camat se-Kabupaten Pati dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati guna mengalami permasalahan ini.