Video : Jadi Primadona Ekspor, Pati Genjot Produksi Vanili

Pati, Mitrapost.com – Setelah porang, Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Pertanian kini mulai genjot produksi tanaman vanili atau vanilla untuk andalan komoditas ekspor. Dalam empat tahun terakhir, vanili tengah menjadi primadona di Indonesia maupun negara importir.

Kabid Perkebunan, Dinas Pertanian Pati, Gunawan mengatakan harga vanili saat ini terbilang fantastis, per kilogramnnya vanili kering rata-rata bisa dibanderol dengan harga Rp1.500.000-2.500.000/kg.

“Meski pandemi, perkilonya buah vanili basah masih kuat Rp125-300 ribu per kilo tingkat petani tergantung kualitas buahnya. Untuk pemasaran kita berkolaborasi dengan eksportir di Jawa Barat, Bali dan Temanggung. Itu untuk mensuplai mereka,” ungkap Gunawan kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya hari ini, Kamis (16/9).

Baca Juga :   Video : Berita Hoax, Mengenai Kebijakan Denda Bagi Masyarakat yang Tidak Pakai Masker

Gunawan menceritakan, sembilan tahun yang lalu komoditas vanili di Kabupaten Pati sempat jadi unggulan, hingga harganya anjlok dan membuat petani pindah ke tanaman lain, komoditas ini makin tidak populer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati