Pemprov Jateng Bangun Rumah Tahan Gempa Bagi Komunitas Pengrajin Gula

Cilacap, Mitrapost.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan dengan membangun rumah tahan gempa bagi masyarakat komunitas pengrajin gula.

Dimana konstruksi rumah tersebut, mampu menahan gempa hingga 9,4 SR. rumah ini dibangun secara swakelola oleh masyarakat sendiri dalam komunitas di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, saat meninjau pembangunan tersebut bagian dari program perumahan komunitas yang diselenggarakan Pemprov Jateng. Program ini telah ditingkatkan kualitasnya hingga mampu mengantisipasi gempa.

“(Pembangunannya) Ini kayak puzzle, tinggal nempel-nempelin. (Membangun) Kerangkanya hanya butuh waktu 10 jam untuk satu rumah. Jadi lebih efisien dalam tenaga kerjanya, juga tahan gempa,” kata Gus Yasin, sapaannya, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga :   Awal Kemarau, 7 Desa di Cilacap Alami Kekeringan

Ditambahkan, pembangunan 28 rumah tahan gempa bagi komunitas pengrajin gula ini diinisiasi Pemprov Jateng melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperakim). Pada pembangunan ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng juga ikut berkontribusi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati