Video : Marak Pinjaman Online Berkedok Koperasi, Warga Pati Bisa Cek Validasi di Dinkop UMKM

Pati, Mitrapost.com – Kemajuan teknologi makin memberikan kemudahan pada proses transaksi uang. Akhir-akhir ini, banyak beredar SMS atau chat pinjaman uang online mengatasnamakan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang beredar di masyarakat.

Ketua Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pati Wahyu Setyati, meminta masyarakat selektif melakukan aktifitas pinjam uang lewat HP. Pasalnya, saat ini sedang marak beredar lembaga pinjaman online palsu berkedok koperasi.

Wahyu menerangkan, pada dasarnya koperasi adalah sebuah organisasi yang dibangun dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Yang dimaksud rakyat disini adalah anggota koperasi. Untuk menjadi angota koperasi dibutuhkan regulasi tertentu, tidak se-instan menerima SMS kemudian menjadi anggota.

Jika koperasi memberikan pinjaman kepada golongan di luar anggota, maka hal tersebut sudah menyalahi anggaran dasar perkoperasian.

Baca Juga :   Video : Pengais Rezeki di Terminal Pati Alami Penurunan Omzet

“Jika koperasi itu sudah menerapkan pelayanan digital itu memang bisa juga memberikan pinjaman, tapi khusus untuk anggota.  Kalau saya bukan anggota kok ditawari ya bukan koperasi. mungkin modus dan oknum,” terang Wahyu kepada Mitrapsot.com saat ditemui di kantornya, Sabtu (18/9/21).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati