HUT Ke-265 Yogyakarta Dimeriahkan dengan Pertunjukan Seni Sastra Macapat

Yogyakarta, Mitrapost.com – Perayaan HUT ke-265 kota Yogyakarta dimeriahkan dengan pertunjukan seni sastra macapat.

Dengan menggunakan busana Gagrak Ngayogyakarta lengkap, seniman macapat Kota Yogyakarta menggelar pertunjukan seni sastra macapat di Pendopo Ndalem Ngabean Jalan Ngadisuryan No 6. Kraton Yogyakarta, dengan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 4-7 Oktober 2021.

Pada kesempatan tersebut juga menghadirkan praktisi seniman sastra macapat seperti Ratun Untoro, Muhammad Bagus Febriyanto, Slamet Nugroho, serta KMT Wasitohadibroto.

Dalam pertunjukan tersebut, para seniman macapat menembangkan sebelas tembang yaitu Dhandhanggula, Sinom, Durma, Pangkur, Asmaradana, Kinanthi, Mijil, Megatruh, Gambuh, Maskumambang dan Pocung, dengan silih berganti dan dilantunkan dengan khidmat.

Baca Juga :   Yaqut Usulkan Jemaah Haji Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19

Dengan ruang pendopo bernuansa klasik Jawa, para seniman Macapat melantunkan panembromo. Seperangkat gamelan Jawa Slendro Pelog, ditabuh oleh para wiyaga mengiringi lantunan tembang yang dilagukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati