Masuki Pancaroba, BPBD: Kaliori Berpotensi Tinggi Diterjang Angin Puting Beliung

Rembang, Mitrapost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten rembang meminta masyarakat waspada terhadap bahaya bencana alam angin puting beliung jelang pergantian musim kemarau ke musim penghujan, khususnya di desa- desa di Kecamatan Kaliori.

Kabid Darurat logistik, Muhammad Murtafi mengungkapkan, potensi puting beliung di Kecamatan Kaliori selalu ada setiap tahunnya. Meski jarang menelan korban jiwa, kerugian materiil yang disebabkan bencana ini cukup besar sehingga harus tetap diwaspadai.

“Kalau angin puting beliung potensi tertinggi ya di Kecamatan Kaliori, bencana ini seperti bencana tahunan. Terakhir saja kemarin ada dua rumah yang kena,” ujar Murtafi saat diwawancara Mitrapost.com di kantornya.

Terangnya, penyebab terjadinya angin puting beliung adalah banyak kawasan hutan yang gundul di kecamatan tersebut. Seiring gundulnya hutan, tak ada media yang menghalau angin. Oleh karenanya, Khususnya di desa-desa yang memiliki hamparan sawah yang luas dan tidak memiliki pohon besar mempunyai potensi terjadi angin puting beliung lebih tinggi.