Waspada Siklon Tropis! 25 Provinsi RI Berpotensi Gelombang Laut Tinggi

Mitrapost.com– Hujan lebat akan terjadi di 25 provinsi di Indonesia, BMKG melalui Jakarta Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) memonitor siklon tropis Lionrock dan Siklon Tropis Kompasu yang berpotensi mempengaruhi cuaca di Indonesia yang mengakibatkan hujan lebat.

A Fachri Radjab selaku Kepala Pusat Meteorologi Publik, mengungkapkan dua siklon tersebut akan memberi dampak hujan lebat hingga meningkatkan gelombang laut yang tinggi di sejumlah wilayah Indonesia. Hal tersebut terjadi mulai dari Jumat (8/10/2021).

“Siklon Tropis Lionrock maupun Kompasu dalam 24 jam ke depan dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia,” kata Fachri kepada wartawan, Sabtu (9/10/2021).

Hujan sedang-lebat diperkirakan akan terjadi di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara, Aceh, Kepulauan Riau. Sementara, gelombang laut dengan ketinggian 2,5 sampai 4 meter diprediksi terjadi di Laut Natuna Utara, Laut Natuna, Laut Sulawesi dan Samudera Pasifik utara Halmahera.