oleh

Video : Pati Berencana Bentuk Kawasan Industri Hasil Tembakau

Pati, Mitrapost.com – Kabupaten Pati tengah berupaya membentuk Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di beberapa kecamatan yang berpotensi dan mempunyai lahan tembakau.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pati Pujo Winarno mengungkapkan, pihaknya mempunyai tugas untuk menyusun KIHT di Kabupaten Pati.

Bpkad Pati

Beberapa pihak yang terkait pun diundang untuk mengikuti Sosialisasi Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) di Hotel Pati, Selasa (12/10/201). Diantaranya Bea Cukai Kudus, Biro Perekonomian Jawa Tengah, pengelola pabrik rokok, petani dan beberapa OPD terkait.

“KIHT cukup berpotensi di Pati. Ada beberapa kecamatan yang potensi tembakaunnya cukup baik. Seperti di Jaken, Pucakwangi dan Sukolilo,” ujar Pujo kepada awak media di sela-sela acara.

Baca Juga :   Jaringan Kemitraan Untungkan Petani Tembakau di Masa Panen

Hanya saja jumlah petani tembakau di Kabupaten Pati tidak sebanyak dengan Kabupaten Rembang. Maka dari itu, para petani di Kabupaten Pati mendistribusikan hasil tembakau ke Rembang. Lantaran di sana sudah ada pengepul sendiri dan dekat dengan Pati. Hal inilah yang menjadikan Kabupaten Pati menyusun KIHT. “Referensi (bisa saja Rembang). Kalau hal yang baik kalau kita meniru kan ndak masalah,” tutur Pujo.

Ia menargetkan KIHT di Kabupaten Pati terbentuk pada tahun ini. “Tahun ini kita selesaikan,” jelas Pujo.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya berharap KIHT segera terealisasikan.  Ia juga berharap adanya pabrik pengolahan tembakau di Kabupaten Pati seperti pengolahan ikan di Kecamatan Juwana.

Baca Juga :   Video : Hobi Mendaki, Pria ini Ciptakan Coffeeshop dengan Nuansa Camping di Gunung

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait