Punya Harta Karun Besar, Jokowi Kesal RI Cuma Jadi Tukang Gali

Mitrapost.com– Presiden Joko Widodo (Jokowi) ungkap kekesalannya dengan menyebut Indonesia selama ini hanya menjadi ‘tukang gali’ saja. Hal tersebut berkaitan dengan ekspor bahan tambang yang hanya bisa dilakukan dalam bentuh bahan mentah (raw material).

Padahal sumber daya alam Republik Indonesia sangatlah melimpah, dan dapat dijadikan harta karun hingga nanti.
Oleh karena itu menurutnya sangat penting saat ini dilakukan hilirisasi. Jika Indonesia masih terjebak dalam ekspor bahan mentah, maka tidak akan bisa mendapatkan nilai tambah. Karena Indonesia mendapatkan pendapatan dari kegiatan ekspor tersebut.

“Tidak bisa lagi kita ekspor raw material, yang tidak memiliki nilai tambah. Kita dapat uang dari situ iya, kita dapat income dari situ ya, tapi nilai tambahnya itu yang kita inginkan,” ucapnya saat memberikan pengarahan kepada peserta PPSA XXIII 2021 LNKRI di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga :   Permainan Timnas Indonesia Dianggap Buruk, Terutama Passing

Jokowi menambahkan bahwa RI hanya bisa menjadi ‘tukang gali’ saja memanfaatkan ‘harta karun’ tersebut, ia berharap RI tidak hanya menjadi pengekspor bahan mentah saja. Hal tersebut dikarenakan tambang-tambang yang berada di Indonesia merupakan anugerah yang besar. Seharusnya Indonesia memiliki manfaat lebih besar lagi ketimbang hanya berkutat pada eksploitasi saja, tanpa bisa melakukan hilirisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati