Deteksi Dini Kanker Serviks, TP PKK Magelang Canangkan Pekan IVA Test

Magelang, Mitrapost.com – Sebagai langkah untuk mendeteksi dini kanker serviks, Tim Penggerak (TP) PKK Kota Magelang mencanangkan Pekan IVA Test dan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Serviks, di Gedung Wanita Kota Magelang, Rabu (13/10/2021).

Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz menjelaskan bahwa pemeriksaan IVA merupakan upaya yang paling mudah untuk mendeteksi dini kanker serviks.

Pemeriksaan itu penting mengingat kanker serviks merupakan pembunuh kedua perempuan di Indonesia, setelah kanker payudara. Ia pun berharap kota Magelang bebas dari kanker serviks.

“Saya harap Kota Magelang bebas kanker serviks, yang sejauh ini menjadi pembunuh kedua setelah kanker payudara,” ungkap Niken usai kegiatan.

Baca Juga :   Wedang Jancuk, Minuman Berkhasiat Penambah Imunitas

Istri Wali Kota Magelang itu pun mengajak perempuan di wilayahnya untuk sadar diri mengikuti pemeriksaan IVA di puskesmas terdekat. Namun, mengingat masih ada keterbatasan anggaran, untuk sementara pemeriksaan dibatasi per kelurahan.

“Saat ini masih dibatasi tiga orang pasien per kelurahan. Kita canangkan dulu, lalu akan dievaluasi. Harapannya tahun depan kita bisa adakan pemeriksaan IVA massal,” jelas Niken.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati