Bendungan Pidekso Wonogiri Mulai Diisi Air, Rencana Diresmikan Akhir Tahun

Wonogiri, Mitrapost.com – Bendungan Pidekso di Desa Tukulrejo Kecamatan Giriwoyo Kabupaten Wonogiri mulai diisi air pada Kamis (14/10/2021). Rencananya, bendungan ini akan diresmikan pada akhir tahun.

Berdasarkan kajian teknis yang telah dilakukan, waduk tersebut akan penuh terisi air setelah 111 hari atau sekitar empat bulan.

Hal itu disampaikan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, saat penutupan pintu conduit Waduk Pidekso. Rencananya, waduk yang telah penuh terisi air nantinya akan diresmikan pada 21 Desember 2021 mendatang.

“Bapak Presiden Joko Widodo diagendakan akan meresmikan bendungan Desember mendatang. Semua properti akan dipersiapkan agar peresmian nanti lancar,” kata Joko Sutopo.

Banyak manfaat yang akan diperoleh dari waduk yang dibangun sejak 2018 itu. Ia menuturkan, lahan pertanian seluas 1.500 hektare yang semula adalah lahan tadah hujan, akan berubah menjadi lahan pertanian irigasi teknis. Waduk juga bisa menjadi konservasi wisata, hingga pemanfaatan air baku dengan debit 300 liter per detik, dan bisa mereduksi banjir.