oleh

DPR Dorong Pemerintah Tuntaskan Akses Jembatan Pulau Balang

Jakarta, Mitrapost.com – Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Irwan menyesalkan pembebasan lahan akses jalan jembatan Pulau Balang di Kota Balikpapan dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Provinsi Kalimantan Timur tak kunjung tuntas. Irwan mengungkapkan hal tersebut, usai melakukan inspeksi proyek jembatan yang nantinya menghubungkan pusat Ibu Kota Negara (IKN) baru-baru ini.

“Hari ini saya meninjau Jembatan Pulau Balang di Balikpapan dan PPU. Progres fisik pekerjaan jembatan Pulau Balang sendiri sudah 100 persen namun belum bisa fungsional sampai hari ini. Sebab, permasalahan pembebasan lahan yang berlarut juga menjadi salah satu penyebab belum mulainya pembangunan akses darat jembatan di wilayah Balikpapan,” ujar Irwan, Jumat (15/10/2021).

Menanggapi persoalan tersebut, politisi Partai Demokrat ini menyatakan bahwa pekerjaan akses jalan ke Jembatan Pulau Balang sisi darat Balikpapan harus segera ditangani Pemerintah Pusat.

“Sebagai Anggota Komisi V DPR RI pada rapat Komisi V dengan Menteri PUPR saya mendesak agar akses darat ini segera dituntaskan dan ditangani pemerintah pusat.” tegas Irwan.

Menurutnya, opsi pembiayaan melalui investasi menjadi yang terbaik. Adapun, berkaitan mekanismenya diserahkan kepada pemerintah melalui tugas khusus ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) atau mekanisme Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) lainnya.

Lebih lanjut, Irwan menyampaikan agar pemerintah harus segera action. Opsi akses jalan dari Jembatan Pulau Balang langsung terkoneksi ke tol Samboja-IKN menjadi paling efektif dengan catatan pembangunan Tol Samboja-IKN segera dilakukan.

Baca Juga :   Dewan Pati Menunda Sementara Kunjungan Kerja ke Luar Kota

“Jangan biarkan investasi pemerintah melalui SBSN senilai Rp 1,38 triliun ini tidak fungsional karena berlarut-larut tanpa solusi konkret. Terlepas dari adanya isu IKN maka akses jalan jembatan pulau balang sisi Balikpapan bisa terhubung dan fungsional karena menjadi jalur strategis ekonomi dan transportasi yang menghubungkan antar kabupaten dan provinsi,” tandas Irwan.

Perlu diketahui, Jembatan Pulau Balang merupakan jembatan terpanjang di Asia untuk kategori jembatan kabel beton dengan panjang bentang 402 meter. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait