Apakah Suara Fals Bisa Berubah Jadi Merdu? Begini Caranya

  1. Hindari makanan berminyak

Makanan berminyak dapat menyebabkan sakit tenggorokan karena makanan ini menyebabkan panas dalam. Jadi jika menginginkan suara merdu baiknya hindari makanan berminyak.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Konsumsilah lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian karena mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin A, C, dan E.

Berbagai makanan tersebut bisa membantu menjaga pita suara dan selaput lendir yang melapisi tenggorokan tetap sehat.

  1. Jangan sering berdehem

Saat tenggorokan terasa gatal dan berdahak, mungkin ingin sering berdeham untuk menghilangkannya.

Namun, jika dilakukan terlalu sering, kebiasaan ini bisa melukai tenggorokan dan pita suara sehingga suara yang dihasilkan menjadi kurang enak didengar atau suara fals. Oleh sebab itu, hindari melakukan kebiasaan sering berdehem. Sering berdehem bisa melukai pita suara.

  1. Hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol

Obat kumur tertentu mengandung alkohol yang jika digunakan terlalu sering bisa menyebabkan iritasi pada pita suara. Obat kumur data diganti dengan larutan air garam.

Baca Juga :   12 Cara Memperoleh Followers Instagram Banyak

Jadi apakah suara fals dapat menjadi merdu?

Jabannya ya, dengan cara yang telah dijelaskan di atas, seseorang dapat melakukannya. Ingat, jangan hanya sekali saja dilakukan. Tetapi untuk mendapatkan suara yang merdu membutuhkan usaha dalam pencapainnya. Lakukan berbagai hal tersebut dengan rutin. Tentu hal ini juga dapat membantu menjaga Kesehatan tubuh terutama pita suara.

Dengan begitu, seseorang yang menginginkan suara fals menjadi merdu kemungkinannya pun bisa tercapai. Namun, apabila seseorang merasa suara bermasalah, misalnya, serak, tidak jelas, atau bahkan hilang, sebaiknya periksakan diri ke dokter. (*)