Keunikan Surat Ar Rahman, Ayat yang Diulang 31 Kali, Mengapa?

Mitrapost.comSurat Ar Rahman menjadi salah satu surat dalam Al Quran yang mempunyai keunikan. Dalam ayat tersebut memiliki keunikan karena pengulangan ayat sebanyak 31 kali dalam surat tersebut. Hal tersebut lantaran ayat yang diulang tersebut merupakan seruan yang mengingatkan nikmat Allah SWT kepada manusia.
Berikut bacaan surat Ar Rahman ayat 13 yang berulang,

فَبِأَيِّ آلَاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Bacaan latin: Fa bi`ayyi ālā`i rabbikumā tukażżibān

Artinya: “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?”

Surat Ar Rahman ini tergolong dalam surat madaniyah dengan jumlah ayat sebanyak 78. Dalam susunan Al Quran, surat ini menjadi yang ke-55.

Dikutip dari tafsir Al Quran Kementerian Agama (Kemenag), Allah SWT tengah menantang manusia dan para jin tentang nikmat-nikmat yang diberikan kepada mereka. Makna pendustaan adalah bentuk kekafiran terhadap Allah SWT dan mempersekutukanNya.

Baca Juga :   Kisah Pemuda Beriman yang Tertidur di Gua Selama 309 Tahun

Sementara itu, Ibnu Katsir dalam tafsirnya lebih menjelaskan berkenaan dengan nikmat dari Allah SWT yang diabaikan manusia. Padahal, nikmat Allah SWT tidak pernah berhenti diberikan untuk kehidupan manusia mulai dari yang kecil hingga besar, entah dari nikmat bentuk apapu itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati