Video : Karmani, Sosok Veteran yang Diuri-uri Pemkab Rembang

Rembang, Mitrapost.com – Beberapa tokoh veteran mendapat penghargaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang. Penghargaan tersebut diberikan kepada para veteran di Halaman Kantor Bupati Rembang.

Dalam penyerahannya, Karmani menjadi sosok veteran yang diuri-uri oleh Pemkab Rembang. Ia adalah seorang veteran kelahiran tahun 1920. Ia pernah terjun dalam pertempuran melawan sekutu di Ambarawa dan Surabaya, sehingga membuat sosok Karmani menjadi veteran yang paling dijaga oleh pemerintah.

Berdasarkan kisahnya, Karmani merupakan salah satu veteran di Rembang yang mengetahui kedatangan tentara sekutu setelah Indonesia merdeka. Ia bersama kawan-kawannya berjuang melawan sekutu hingga memiliki bekas luka tembak dan cacat di bagian tubuhnya.

“Ini di sini (punggung) ada bekas tembak satu. Tapi saya tidak tahu ditembaknya itu pas di mana. Kan Mbah Karmani ini dulu perang di Ambarawa dan Surabaya. Lalu ini tangannya juga cacat ini, jatuh di Pegunungan Kendeng waktu gerilya” ungkap Sugeng, anak kedua dari Karmani, Rabu (10/11/2021).