oleh

Puluhan Warga Bogotanjung Mengikuti Acara Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

Pati, Mitrapost.com – Puluhan warga Desa Bogotanjung, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati diberikan sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara. Acara ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah yang menggandeng Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, Endro Dwi Cahyono.

Mukhson selaku perwakilan Disporapar Jawa Tengah mengatakan tujuan sosialisasi ini adalah menumbuhkan jiwa nasionalisme dan bela negara kepada generasi muda di daerah.

Menurut Mukhson, yang dimaksud pemuda adalah setiap warga negara yang berusia 18-65 tahun. Menurutnya golongan tersebut adalah garda terdepan penangkal pengaruh radikalisme. Sehingga mereka diharap mampu mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yaitu menciptakan negara Republik Indonesia yang aman, damai, dan sejahtera.

Baca Juga :   Sambut Baik Langkah Pemprov Perdayakan Penyandang Disabilitas, Dewan Pati Minta Pemkab Meniru

“Menurut WHO usia pemuda 18-65 tahun. Kami harapkan kepada panjenengan bisa memberi bimbingan ke generasi muda atau anak yang lebih muda untuk bisa menjaga dan rela berkorban demi persatuan negara kita,” ujar Mukhson dalam sambutannya, Rabu (17/11/2021).

Senada dengan Mukhson, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi PDIP, Endro Dwi Cahyono dalam materinya menyampaikan bahwa saat ini yang menjadi prioritas negara adalah menguatkan nasionalisme kaum milenial.

Pasalnya golongan tersebut adalah yang paling terdampak globalisasi. Dengan adanya pemuda, mereka bisa mengakses informasi dari mancanegara secara bebas. Kondisi ini menurut Endro menyebabkan nasionalisme dan wawasan kebangsaan para pemuda kian menurun.

“Perkembangan zaman memang tidak bisa kita lawan. Siapa yang akan menjadi pemenang dan bertahan adalah orang yang paling bisa beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Kalau tidak mengikuti, kita kalah sebagai bangsa. Maka harus dihadapi, inilah pentingnya wawasan kebangsaan,” kata Anggota Legislatif Jawa Tengah asal Pati itu saat menyampaikan materinya.

Baca Juga :   Waspada Penyakit di Musim Penghujan, Ini Imbauan Dewan Pati

Melalui kegiatan ini, Endro mencoba mengingatkan para pemuda agar tak melupakan empat pilar kebangsaan; Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI harga mati.

Acara sosialisasi terpantau lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Acara diikuti oleh 50 orang peserta. Juga turut hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Sambirejo, Gebang, Pantirejo, dan Bogotanjung, serta Ketua PAC PDIP Gabus beserta relawan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com . Mari bergabung di Grup Telegram "Mitrapostcom_Official", caranya klik link https://t.me/Mitrapostcom_Official, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar

Berita Terkait